Laman

Saturday, September 17, 2016

Wawasan Kebangsaan

Assalamu'alaikum Guys...

Jumpa lagi nihh... jangan bosan-bosan ya ngebaca tulisan-tulisan di blog kecilku ini ya. Saya yakin kok yang ada ngebaca tulisan ini adalah calon orang-orang hebat. Kenapa bisa begitu? karena yang baca blog ini pastilah orang yang haus akan pengetahuan, dan orang yang haus akan pengetahuan adalah ciri dari orang hebat!!

oke guys... pembahasan kita kali ini tentang bangsa kita. Ini semua berdasarkan penjelasan dari kak Mahir Dwi Nugroho selaku pemateri di AkTIF Unesa. Mohon maaf jika ada salah kata, tulisan ini lebih bersifat opini.

Wawasan Kebangsaan

Wawasan dapat juga dikatakan sebagai pengetahuan. Dan kebangsaan berasal dari kata dasar bangsa yang berarti sekelompok manusia yang berada dalam suatu wilayah dan menjalin ikatan batin juga memiliki persamaan tujuan, walaupun manusianya memiliki latar belakang berbeda baik dari segi agama, daerah, gen, ras, suku dan lain-lain.

Kita diciptakan oleh Tuhan Yang maha Esa di Indonesia tentunya tidaklah tanpa tujuan. Kita merupakan generasi penerus bangsa yang memikul cita-cita bangsa indonesia. Kita generasi muda sudah sepatutnya memperjuangkan cita-cita para leluhur kita, yakni mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Jika kita sudah bisa mencapai kata adil, secara otomatis kita pun akan menuai kemakmuran bangsa.

Coba kita lihat sedikit sejarah bangsa ini.

Pada tanggal 20 Mei 1908, Bangsa indonesia sepakat untuk berjuang.
Pada tanggal 28 Oktober 1928, Bangsa indonesia sepakat untuk menjadi satu bangsa, yang ditandai dengan lahirnya Sumpah Pemuda.
Pada 1 Juni 1945, Terciptanya Ideologi Pancasila.
pada 17 Agustus 1945, bangsa indonesia menyatakan kemerdekaannya melalui Proklamasi.

Apa yang bisa kita petik dari sejarah itu? Ketahuilah bahwa bangsa ini telah berjuang sejak dahulu, jauh sebelum kita lahir. Para leluhur kita sudah berjuang demi bangsa kita, berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Mereka rela mengorbankan diri untuk bangsa ini, untuk siapa?? untuk para penerus-penerus bangsa. siapa mereka itu?? Kita.

Para leluhur tidak menuai hasil dari perjuangan kita, tapi mereka rela berjuang untuk kita. Apa mereka meminta imbalan? Tidak, mereka berjuang mati-matian hanya agar kita tidak merasakan seperti apa yang mereka rasakan. Lalu masihkah kita akan bersikap egois, apatis terhadap lingkungan sekitar Kita tidak lagi mengangkat senjata seperti yang para leluhur lakukan, kita tidak harus berlumuran darah, tak harus menahan kantuk berjuang untuk bangsa. Sudah sepatutnya kita meneruskan cita-cita mereka, mempertahankan kemerdekaan, mewujudkan Indonesia yang makmur sejahtera.

Kita dilahirkan di Indonesia dengan banyak sekali perbedaan baik Daerah, ras, agama. Tetapi kita diciptakan di bangsa ini dengan satu prinsip yakni " Bhinneka Tunggal Ika", Berbeda-beda tapi tetap satu jua. kita boleh memiliki latar belakang yang berbeda, tapi ingatlah bahwa kita semua ini satu, kita adalah Indonesia.

Bicara mengenai kata merdeka, apa benar kita sudah merdeka? apa benar bangsa ini sudah terbebas dari penjajahan? kita memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah bahkan bangsa-bangsa lain pun iri terhadap kita, tapi apa benar kekayaan alam kita sudah berada dalam kuasa Indonesia sepenuhnya? bangsa ini memiliki kekayaan alam yang lebih dari cukup untuk menjamin kesejahteraan rakyat, tapi apa yang terjadi? berapa banyak pengemis-pengemis di jalan-jalan, di terminal. berapa banyak ibu-ibu yang kelaparan, kekurangan nutrisi hingga berimbas pada anaknya sampai-sampai mereka mendapat predikat gizi buruk. Dan kita pun masih bertahan di kelas negara berkembang bahkan dengan kekayaan kita yang melimpah.

Siapa yang patut untuk disalahkan? apakah pemerintah? apakah investor asing? atau apakah para leluhur kita yang salah? bukan, bukan mereka yang salah tapi diri kita masing-masinglah yang seharusnya melakukan perbaikan, melakukan introspeksi diri. apakah kita sudah menjadi generasi penerus bangsa yang diharapkan oleh para leluhur. Jawablah dalam diri anda masing-masing.

Rubahlah diri kita, kukuhkan pendirian kita, maka lingkungan sekitar akan berubah juga. Berubahlah ke arah yang lebih baik, jadilah orang hebat seperti yang para pejuang inginkan. Buat mereka bangga dengan apa yang kita lakukan, toh kita sendiri yang akan menuai hasilnya. Bahkan anak cucu kita akan menikmati hasil dari perjuangan kita saat ini.
Demi Indonesia Merdeka!!

No comments:

Post a Comment