Laman

Saturday, October 8, 2016

GEMASTIK



Oleh kak Ristiawan Fuzan
Ketua GEMASTIK 2016


Gemastik merupakan kependekan dari Pagearn Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan komunikasi. Tahun ini gemastik diadakan di Universitas Indonesia.

Kategori GEMASTIK :

1.     Pemrograman

Penilaiannya.
-         Kecepatan dan ketepatan dari program
-         Diberi masalah dan dalam 3-5 jam harus menyusun program
-         Selain diadu dlam kecepatan dalam penulisan programnya juga dituntut menemukan algoritma yang tepat
-         Bahasa program yang digunakan adalah : Jawa, C++, C.


2.     Pengembangan Perangkat Lunak

Menguji kemampuan peserta dalam pengembangkan ide secara kreatif. Penilaianya berdasar pada
-         Ide kreatif untuk memberi solusi penyelesaian masalah di Indonesia dalam bentuk perangkat lunak
-         Mampu memerikan dampak terhadap kemandirian dan kecerdasan masyarakat Indonesia
-         Dibuktikan dengan data
-         Dapat dijalankan aplikasinya.


3.     Keamanan Jaringan

Penilaianya.
-         Sistem dirancang untuk mempunyai celah atau informasi tertentu yang berakibat terhadap dimungkinkannya [eretasan pada sistem tersebut
-         Laporan sebagai syarat agar dapat membuktikan bahwa peserta mengerjakn penyisihan sendiri.


4.     Data Mining

Menjadikan deep learning dan big data untuk solusi dari masalah yang ada.


5.     Animasi

Visualisasi 2 dimensi atau 3 dimensi yang mengandung unsur kreativitas dan inovasi pemuda. Penilaiannya.
-         Mengandung kreativitas dan inovasi untuk menciptakan masyarakat yang berdikari / mandiri di Indonesia
-         Karya berbentuk film pendek dari bentuk digital animation.


6.     Design User Experience

Berorientasi kepada kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang kita buat.


7.     Pengembangan Bisnis TIK

Penilaian berdasar pada.
-         Memiliki ide bisnis, startup dan pengembngan usaha yang berorientasi produk TIK, baik berupa jasa maupun produk.
-         Seleksi ide pengembangan bisnis dalam bentuk ringkasan eksekutif (penyisihan tahap pertama), perencanaan bisnis(penyisihan tahap kedua), kompetisi produk disertai dengan proyeksi bisnisnya.


8.     Pengembangan Aplikasi Permainan

penilaiannya
-         Pengumpulan proposal lalu buat aplikasi gamenya
-         Unsur estetik (grafis, efek suara)


9.     E Government

Pemanfaatan TIK berbasis internet untukmasalah-masalah dalam pemerintahan.


10.Piranti Cerdas / Embedded System

Bagaimana mengaplikasikan perangkat lunak alat-alat dalam kehidupan sehari-hari..


Ingin punya karya??

Gabung Gemastik dan buat Aplikasimu...!!

No comments:

Post a Comment